Strategi Bimbingan Belajar untuk Kelas Primer

Dalam kelas satu sampai tiga – tingkat dasar – anak-anak belajar tentang bahasa dan keaksaraan melalui eksplorasi.

Dalam kelompok usia ini, keterampilan membaca dan menulis anak-anak sangat bervariasi. Beberapa anak-anak akan masuk kelas pertama yang mampu membaca dengan lancar cukup. Beberapa anak akan belajar membaca dan menulis dengan mudah tanpa bantuan guru les. Lainnya membutuhkan perhatian satu-satu dari guru privat untuk mengembangkan pemahaman tentang konsep dasar, membangun keterampilan tertentu, memperoleh kepercayaan diri, dan menjadi termotivasi untuk membaca dan menulis.

 

Berikut adalah les strategi untuk bekerja dengan anak-anak di kelas primer di les privat bogor, termasuk:

  • membaca bersama-sama
  • membantu anak-anak mengembangkan strategi decoding
  • membantu anak-anak memahami apa yang mereka baca
  • membantu anak-anak menjadi penulis terlibat

 

Membaca Bersama-sama

Banyak program bimbingan menggunakan strategi scaffolding yang membutuhkan guru les privat dan anak-anak untuk membaca bersama-sama. Ini tidak menggantikan membaca dengan suara keras dan membaca independen, melainkan merupakan strategi tambahan untuk mempromosikan keterampilan membaca. Berikut ini adalah strategi les privat yang kami kembangkan di latis privat bogor yang dapat digunakan ketika membaca dengan anak.

 

Pemodelan eksplisit

Jenis pemodelan membantu anak-anak belajar untuk berpikir tentang apa yang telah mereka ketahui saat mereka membaca. Bicara tentang proses berpikir Anda – apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan makna dari kata-kata dan memahami teks. Misalnya: “Itu kata baru itu dimulai dengan cl saya tidak tahu bagaimana mengucapkan berikutnya bagian – ue Harriet adalah mata-mata itu harus menjadi petunjuk karena mata-mata mencari petunjuk…..”

Pemodelan implisit

Jenis pemodelan juga membantu anak-anak berpikir saat mereka membaca. Ketika seorang anak terjebak pada sebuah kata Anda dapat menyarankan strategi ia dapat gunakan untuk mencari tahu. anak dapat menggunakan strategi ini segera dan ketika membaca di masa depan. Anda mungkin berkata, “Coba baca kalimat lagi.” “Cobalah membaca kalimat berikutnya.” “Di mana anak itu pergi di awal cerita?” “Di mana Anda pikir dia mungkin pergi sekarang?”

Membaca Choral

Strategi ini membantu anak-anak menjadi pembaca lebih lancar dan percaya diri. Memegang buku bersama-sama dan minta anak untuk membaca bersama dengan Anda. Mulai membaca dengan suara yang sedikit lebih keras dan lebih cepat daripada anak. Sebagai anak menjadi lebih nyaman dengan membaca teks, menurunkan suara Anda dan memperlambat kecepatan membaca Anda. Jika anak melambat, meningkatkan volume dan kecepatan lagi.

Echo membaca

Ini adalah cara lain untuk membantu anak mengembangkan kepercayaan diri dan kelancaran. Membaca keras-keras baris teks. Minta anak untuk membaca baris yang sama. Lanjutkan bergantian membaca dan membaca ulang baris yang sama. Ketika anak mulai membaca dengan lebih berekspresi dan kelancaran, menunjukkan bahwa ia membaca keras-keras sendiri.

Dipasangkan membaca

Paduan membaca adalah teknik yang memungkinkan guru les untuk memvariasikan jumlah dukungan yang mereka berikan kepada anak saat membaca keras-keras bersama-sama. Jelaskan kepada anak bahwa kadang-kadang Anda akan membaca dengan keras bersama-sama – membaca duet – dan kadang-kadang dia akan membaca sendiri – solo membaca. Menyepakati dua sinyal anak dapat digunakan untuk beralih dari solo untuk berduet membaca. Ketika anak memberikan sinyal duet, Anda akan mulai membaca bersama-sama. Ketika anak merasa siap untuk membaca solo, dia akan memberikan sinyal solo dan Anda akan berhenti membaca.

Membantu anak-anak mengembangkan strategi decoding

pembaca terlibat secara otomatis menggunakan decoding, atau cueing, strategi untuk mencari tahu kata-kata baru dalam teks. Latis Privat Bogor, pengembang program Reading Recovery, mendorong tutor dan guru les privat untuk membantu anak-anak belajar setidaknya empat pendekatan untuk decoding. Pendekatan ini meliputi:

  • berfokus pada makna – semantik
  • berkaitan suara untuk surat – phonics
  • melihat bagaimana kata-kata dan frase terbentuk – sintaks
  • mengenali kata-kata sight – visual yang

Beberapa anak-anak mengembangkan strategi decoding dari waktu ke waktu dengan instruksi langsung sedikit. anak-anak lain perlu satu-satu instruksi untuk membantu mereka belajar strategi decoding. Berikut adalah beberapa strategi bimbingan untuk decoding.

 

Fokus pada makna

pembaca muda sering mencari tahu kata baru dengan berpikir tentang apa yang akan masuk akal dalam kalimat atau cerita. Anda dapat membantu dengan menyarankan bahwa tampilan anak di gambar, kemudian membaca kalimat lagi. Jika tebakan anak di sebuah kata salah, mengajukan pertanyaan seperti, “Apakah itu masuk akal? Apa yang gadis itu lakukan di rumah terakhir ia mengunjungi?”

Berhubungan suara untuk surat

Anak-anak menerapkan apa yang telah mereka ketahui tentang hubungan antara huruf dan suara untuk membaca kata baru. Misalnya, seorang anak dapat membaca kereta kata, karena dia tahu tr dalam kata ini membuat suara yang sama seperti tr pada awal truk, kata dia sudah tahu. Anda dapat membantu dengan mengingatkan anak apa yang sudah dia tahu tentang hubungan surat-suara dan membantu dia menggunakan pengetahuan ini untuk menyerang kata-kata baru.

Lihatlah bagaimana kata-kata dan frase yang terbentuk

kata majemuk yang dibentuk dengan menggabungkan dua kata (misalnya, taman bermain). Anda dapat membantu anak membaca kata majemuk asing dengan menunjukkan bagaimana memecahnya menjadi bagian-bagiannya. “Itu tebakan yang baik -….? Jas hujan Anda mengakui bagian pertama dari kata, hujan Tapi melihat bagian kedua dari kata lagi saya akan membahas bagian pertama Sekarang, apa bagian kedua mengatakan Itu benar , itu busur. Jadi apa kata? Yay! Anda mendapatkannya, itu pelangi. Sekarang cerita lebih masuk akal. Setelah hujan, dia melihat pelangi, tidak jas hujan. ”

Mengenali kata-kata sight

-Frekuensi tinggi sight kata membuat sekitar 50 persen dari kata-kata yang kita baca dan sering menimbulkan masalah anak. Ketika seorang anak master frekuensi tinggi sight kata dia mengalami keberhasilan yang dapat meningkatkan rasa percaya dirinya dan minat baca. Anda dapat membantu anak-anak membuat kartu flash untuk kata-kata sight untuk digunakan dengan Anda selama sesi bimbingan dan bersama keluarganya di rumah. Anda dan anak dapat merayakan dan melacak kemajuan dalam menguasai kata-kata terlihat dengan merekam mereka dalam jurnal, membuat rantai kertas, atau menambahkan “daun kata sight” ke sebuah pohon. Berikut adalah 60 frekuensi tinggi sight kata-kata.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *